Susun Rencana Dan Evaluasi Merek

Gambar

”Merek dengan kinerja yang baik akan berdampak positif terhadap pertumbuhan usaha”

Dalam dunia bisnis saat ini dibutuhkan konsep merek yang dapat memberikan keberhasilan perusahaan, dengan adanya kondisi persaingan yang ketat dipasar global akan dapat membantu anda membangun Brand Ware usaha anda dengan merek sebagai intagible asset yang siap menghadapi pendatang baru dan perubahan lingkungan usaha. Strategi adalah seni menggabungkan antara nilai-nilai dan sumber-sumber untuk mempengaruhi dan membentuk masa depan perusahaan anda.

a. Perencanaan Marketing 

Perencanaan marketing adalah penjabaran dari rencana usaha agar bisa lebih detail untuk bisa membuat strategi setiap merek produk atau jasa usaha anda, sehingga dapat dijalankan langkah-langkah realistis setiap bulannya untuk mencapai tujuan usaha dalam satu tahun (jangka pendek). Secara garis besar perencanaan merketing meliputi hal sebagai berikut :

1.Situasi pasar dan kompetitor

2.Kondisi usaha merek produk atau jasa saat ini dan 3-5 tahun sebelumnya, untuk melihat tren perkembangan produk atau jasa merek terhadap usaha anda.

3.Faktor dan issue utama terhadap keberhasilan dan kegagalan merek anda saat ini yang berguna untuk menentukan langkah ke depan.

4.Target penjualan dan indikator pasar dan finansial usaha yang ingin dicapai tahun depan per merek produk atau jasa dan kontribusi terhadap total usaha.

5.Strategi untuk mencapai tujuan, contoh sederhana strategi merek bisa menggunakan marketing mix (4p), sebagai berikut : a. produk atau jasa, pengembangan dan peluncuran produk atau jasa baru apa yang akan anda rencanakan tahun depan, bisa juga pengembangan  atau perbaikan produk yang  sudah ada. b. price, posisi harga yang sesuai dengan target konsumen dan persaingan. c. promotion, jenis promosi apa yang paling tepat untuk merek anda saat ini, dengan tujuan membangun kelangsungan persepsi dibenak konsumennya. d. place,distribusi produk atau jasa anda sangat penting berada dimana konsumen langsung merek anda berada agar terjadi proses membeli.

6.Kegiatan setiap bulan untuk menunjang tujuan dan strategi agar langkah dan tindakan lebih terarah dan semua sumberdaya dalam arah yang sama.

7.Evaluasi dan monitoring kinerja dengan menggunakan indikator finansial maupun kualitatif.

b.Evaluasi Kinerja Merek

Evaluasi merek tidak selalu memerlukan riset yang mahal dengan menggunakan jasa biro riset yang akan tergantung pada kondisi usaha anda juga konstribusi merek terhadap total usaha anda ataupun alasan-alasan lain. Evaluasi kinerja yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif meliputi, pangsa pasar terhadap kompetitor, penjualan dan pertumbuhan pasar, penetrasi dan distribusi terhadap potensi pasar, konstribusi penjualan merek setiap tipe saluran distribusi, persepsi konsumen, pengenalan merek, konsumsi dan pembelian merek anda dengan kompetitor, profil konsumen merek anda dan kompetitor, dampak kegiatan promosi terhadap konsumen.

c.Indikator Merek Terhadap Kinerja Usaha

Hasil evaluasi kinerja merek di korelasikan dengan data internal perusahaan secara kuantitatif dan kualitatif agar bisa menjadi indikator apakah strategi dan kegiatan yang dilakukan merek membawa hasil terhadap kemajuan usaha secara nyata. Berikut adalah contoh data kuantitatif yang dapat dipakai sebagai indikator terhadap usaha : data penjualan dan pertumbuhan usaha, biaya produksi dan margin kotor, biaya promosi, biaya oprasional, keuntungan bersih oprasional, pergerakan stock produk jadi dan siklus order, distribusi dan pertumbuhan merek per produk atay jasa, data produksi per hari dipabrik, pergerakan stock bahan baku, jumlah komplain dan input pelanggan, jumlah produk yang rusak.

Sedangkan contoh data kualitatif dari internal yang dapat dijadikan sebagai indikator kinerja : budaya kerja perusahaan yang sejalan dan mendukung perkembangan dan daya saing merek usaha anda, kebanggaan dan minat karyawan terhadap merek produk atau jasayang dihasilkan usaha anda, semangat kerja positif dari tim penjualan dilapangan, pengetahuan dan kemampuan SDM yang meningkat sejalan dengan kemajuan usaha yang didukung komitmen perusahaan dalam mengembangkan SDM, dukungan dan respon positif para mitra ysaha terhadap pelaksanaan kreasi-kreasi dan aktivitas merek, masukan dan kritik yang membangun dari seluruh mitra internal dan eksternal, gaung dari aktivitas promosi dan kegiatan usaha lainnya yang positif, persepsi konsumen, pengenalan merek, serta kepuasan para pelanggan.

d.UU No.15 Tahun 2001 Tentang Merek

1.Pengetahuan Umum

Merek adalah tanda berupa gambar, nama, huruf, angka-angka, kata, susunan atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa. Tanda yang tidak boleh dijadikan sebagai merek antara lain, tanda yang memiliki daya pembeda seperti sepotong garis, tanda yang bertentangan dengan kesusilaan seperti gambar porno, tanda yang berupa keterangan barang seperti merek kacang untuk produk kacang, tanda yang menjadi milik umum seperti tanda lalu lintas, kata-kata umum seperti kata rumah, kota dan sebagainya.

2.Obyek Perlindungan

a.Perlindungan atas merek : hak atas merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh pemerintah negarakepada pemilik merek yang terdaftar dalam daftar umum merek untuk jangka waktu tertentu menggunakan sendiri merek tersebut atau memberi izin kepada seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk menggunakannya.

b.Hal penting yang perlu untuk diperhatikan : perlindungan atas merek terdaftar yaitu adanya kepastian hukum atas merek terdaftar baik untuk digunakan, diperpanjang, dialihkan dan dihapuskan. Sebagai alat bukti bila terjadi sengketa pelanggaran atas merek terdaftar.

3.Status Pendaftaran

Indonesia mengenal atau menganut azas konstitutif yaitu : hak atas merek diperoleh atas pendaftarannya, artinya pemegang hak merek adalah seseorang yang mendaftarkan untuk pertama kalinya di Direktorat Jendaral Hak Kekayaan Intelektual.

4.Jangka Waktu Perlindungan

Jangka waktu perlindungan merek 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan pendaftaran (filing date) dan setelah 10 tahun berjalan dapat diperpanjang kembali.

5.Mutasi Dan Lisensi

Pengertian mutasi meliputi pengalihan hak dan perubahan nama dan alamat, yaitu pengalihan hak atas merek yang dilakukan dengan cara pewarisan, wasiat, hibah, perjanjian dan sebab-sebab lain sesuai dengan UU. Sedangkan lisensi adalah izin yang diberikan oleh merek terdaftar kepada seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk menggunakan merek tersebut, baik untuk seluruh atau sebagian jenis barang atau jasa yang didaftarkan.

6.Pelanggaran Dan Sanksi

Pasal 90 UU Merek No.15 Tahun 2001 : Pelanggaran atas merek trdaftar yang sama pada keseluruhannya dipidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak seratus miliar rupiah.

Pasal 91 UU Merek No.15 Tahun 2001 : Pelanggaran atas merek terdaftar yang sama pada pokoknya dipidana penjara paling lama 4 tahun atau denda paling banyak delapan ratus juta rupiah.

7.Prosedur Pendaftaran Merek

a.Mengajukan permohonan sesuai dengan formulir pendaftaran merek yang telah disediakan oleh kantor merek rangkap empat dan melampirkan, surat pernyataan bahwa pemohon tidak meniru dan menggunakan merek orang lain, surat kuasa bila pemohon mengkuasakan permohonan pendaftaran merek, fotokopi KTP legalisir, fotokopi akte pendiri badan hukum yang disahkan notaris bagi pemohon atas nama badan hukum, dan sebagainya.

b.Pemeriksaan permintaan pendaftaran merek, meliputi pemeriksaan formal yaitu pemeriksaan atas kelengkapan persyaratan administratif yang ditetapkan, dan pemeriksaan substantif yaitu pemeriksaan terhadap merek yang diajukan apakah dapat didaftarkan atau tidak, berdasarkan persamaan pada keseluruhan, atas merek sejenis milik orang lain, sudah diajukan terlebih dahulu mereknya oleh orang lain.

Tips di atas hanya sebuah kutipan, Anda bisa membaca tips-tips selengkapnya di Seri Buku Wirausaha Praktis SELALU ADA PELUANG. Dapatkan Panduan Membangun dan Mengembangkan Usaha secara Praktis dan lengkap dengan harga terjangkau sekarang juga.

HARGA SATUAN @ Rp 35.000,-
2 buku @ Rp 30.000,-/buku
4 buku @ Rp 25.000,-/buku
10 buku (1 paket) @ 20.000,-/buku

Jabodetabek bebas ongkir. Pemesanan dan konfirmasi ongkos kirim sms ke 0816 8662 51 atau 089 771 771 37.

Baca selengkapnya dan bergabunglah disini : http://www.wirausaha.or.id

Sumber : Buku Ke-9 Mengelola Merek

               Karya, Jackie Ambadar, Miranty Abidin, Yanty Isa

Facebook : http://www.facebook.com/KomunitasWirausahaYbkm?fref=ts

Twitter : https://twitter.com/Wirausaha_ID

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s