Beri Karakteristik Merek Dengan Tepat

Gambar

”Merek adalah sebagai alat penanda bagi penjual atau produsen”. (Hermawan Kertajaya)

Usaha untuk memilih merek dagang yang tepat, sangat erat hubungannya dengan strategi usaha, meskipun merek sebagai nama atau tanda akan tetapi merek mempunyai arti penting dalam pemasaran. Karena merek sangatlah efektif sebagai alat untuk meningkatkan atau mempertahankan jumlah penjualan.

a.Penggunaan Merek

Merek merupakan janji yang diucapkan oleh produsen terhadap konsumen atas kualitas produk yang akan mereka hasilkan, dimana perjanjian melalui merek ini harus dilakukan secara jujur. Adapun alasan para produsen menggunakan merek sebagai petunjuk suatu standar kualitas atau mutu tertentu sehingga diharapkan dapat memperolah jumlah penjualan dan penguasaan pasar yang stabil, membedakan produk tersebut dari para pesaing yang ada dipasaran, tujuan identifikasi guna mempermudah untuk mencari jejak yang dipasarkan, melindungi produk dari kemungkinan ditiru oleh pesaing, menekankan mutu tertentu yang ditawarkan dan mempermudah konsumen menemukan produk tersebut, serta sebagai landasan untuk mengadakan diferensiasi harga.

Penggunaan merek untuk dagang yang digunakan oleh suatu perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 macam, diantaranya :

1.Merek dagang untuk perusahaan (manufacturer brands)

.Nama, merek yeng digunakan untuk produk-produk tertentu yaitu merek-merek yang digunakan khusus untuk masing-masing produk berbeda dengan produk lainnya. Contoh, Unilever memproduksi dan memasarkan sabun mandi merek Lux dan Lifebuoy

.Nama, merek keluarga perusahaan yang digunakan untuk seluruh produk secara kolektif. Contoh, perusahaan Toshiba akan memberikan merek Toshiba untuk semua produk yang dihasilkannya

.Nama, merek keluarga yang dipisahkan untuk seluruh produknya. Contoh, Deodorant AXE yang digunakan untuk merek deodorant bagi laki-laki, Laurier pembalut khusus bagi perempuan.

.Nama, merek dagang perusahaan yang digunakan dikombinasikan dengan nama merek produk masing-masing. Contoh, Johnnson & Johnnson  untuk bayi atau digunakan juga untuk obat biang keringat, Toyota Crown, Toyota Kijang, Toyota Corona.

2.Merek dagang untuk pendistribusian

Manfaat penggunaan merek bagi produsen antara lain : sebagai landasan untuk melakukan identifikasi, menghindari pencurian ciri khas, menunjukan taraf mutu produk tertentu, mempermudah konsumen mencari produk yang mampu memenuhi kebutuhan, sebagai dasar untuk membedakan harga dari produk-produknya.

manfaat merek bagi distributor atau penyalur adalah, mempermudah penanganan produk, mempermudah mengetahui penawaran produk, mempertahankan mutu produk, membina prefensi dengan pembeli atau konsumen.

Sedangkan manfaat merek bagi konsumen adalah agar mempermudah mereka mengidentifikasikan atau mencari produk yang diinginkan.

Berikut adalah hal-hal yang berkaitan erat dari merek yang digunakan oleh suatu produk :

1.Penempatan merek pada kemasan : merupakan strategi produk dalam upaya melancarkan pemasaran merek dari perusahaan anda, karena itu penting untuk merencanakan dan menjaga mutu dari kemasan luar seperti pembungkus, etiket, warna ataupun pemakaian logo merek harus diusahakan agar tampil menarik perhatian para konsumen dan dapat memberi kesan bahwa mutu dan kualitas produk tersebut sangat baik.

2.Perhatian pada kualitas atau mutu produk : karena kualitas suatu produk berkaitan erat dengan masalah kepuasan konsumen, yang merupakan tujuan dari pemasaran perusahaan.

3.Pelayanan yang memuaskan dari produk : keberhasilan pemasaran suatu produk ditentukan juga oleh baik buruknya pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Contoh Nokia yang memberikan layanan dan servic handphone serta memberikan jaminan resmi yang menentramkan hati para pengguna dari produk tersebut.

4.Harga : Penentuan harga sangat menentukan bagi keberhasilan dari suatu produk yang meliputi 3 faktor penting yaitu, persaingan semua pengusaha yang sama berkeinginan memasang harga semaunya, peraturan pemerintah yang ditetapkan guna mencegah pihak-pihak atau pengusaha yang memiliki ekonomi kuat agar tidak menguasai pasar secara monopoli, etika merupakan penetapan harga yang disesuaikan untuk menghindari harga-harga yang melampaui batas.

5.Promosi : cara formal yang memungkinkan bagi para pengusaha untuk menyampaikan pesan-pesanya kepada khalayak dengan tujuan tidak saja untuk memberitahukan keberadaan produk anda tetapi untuk menumbuhkan kesan paling mendalam tentang produk dan dipromosikan agar tertanam dalam benak orang banyak.

6.Kebijakan produk mix : cara yang ditempuh perusahaan dengan membuat nama baru tanpa membawa-bawa nama perusahaan. Contoh, Toyota yang meluncurkan produk barunya dengan nama Lexus, tanpa menggunakan nama Toyota.

b.Ekuitas Merek

Berikut merupakan nolai-nilai yang akan didapatkan bagi produsen jika memiliki ekuitas merek yang kuat, antara lain :

1.Ekuitas merek dapat dikomunikasikan melalui simbol visual atau pesan konsisten yang memungkinkan konsumen dengan mudah membedakan produkanya dengan produk pesaing.

2.Ekuitas merek yang kuat akan memberikan niali lebih atau peluang bagi produsen untuk melakukan perluasan merek untuk mengeksploitasi pasar secara lebih mendalam.

3.Ekuitas merek aset intagible yang dimiliki oleh sebuah merek karena value yang diberikannya baik kepada si produsen maupun kepada pelanggan

4.Ekuitas merek yang tinggi maka semakin tinggi pula valuenya yang diberikan oleh merek tersebut kepada produsen atau pelanggan

5.Merek bisa menjadi basis terbentuknya loyalitas dan bahkan fanatisme pelanggan, contohnya Harley Davidson yang ditato dibadan pelanggan yang fanatik dan loyal terhadapnya.

6.Merek bisa menjadi komponen keunggulan bersaing yang sangt kuat, sehingga sangat sulit ditiru oleh para pesaingnya. Contohnya Jeans Levi’s yang membuatnya berbeda dengan pesaingnya karena identitas merek yang begitu kokoh.

c.Merek Sepatu Bata

PT. Sepatu Bata, yang mencoba menghilangkan citra bahwa ia adalah merek sepatu murah dengan upaya memberikan pelayanan yang baik kepada golongan menengah ke bawah, pasar yang diargetkan oleh perusahaan. Dengan misi memberikan sepatu yang murah dan berkualitas baik serta memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelangganya. Berkat upaya itu Sepatu Bata dapat tumbuh dengan rata-rata sebesar 10-15 persen dan selama dua tahun terakhir yakni tahun 2000 memiliki laba bersih sekitar 63,47 miliar rupiah sedangkan pada tahun 2001 sebesar 63,32 miliar rupiah.

d.Merek Coklat Gold Pralines

Damayanti, seorang karyawati sebuah bank yang menjadi pengusaha coklat. Dari mulai hobi dengan makanan yang terbuat dari coklat dan memiliki sebuah peralatan membuat kue maka ia memberanikan diri membeli cetakan kue dan membuka usaha dengan nama Gold Pralines. Sekarang total omzet yang dimilikinya lebih kurang 100 juta rupiah.

e.Merek Minyak Goreng Bimoli

Minyak goreng yang terkenal dengan rendah kolesterol ini berhasil masuk kedalam minyak goreng yang terlaris dan dikenal orang sebagai minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit yang rendah kolesterol. Merek Bimoli memiliki ekuitas merek yang ngetop dan laris, walaupun harganya sedikit agak mahal dibandingkan para pesaingnya namun minyak goreng Bimoli lebih unggul dari pesaingnya seperti Tropical.

Tips di atas hanya sebuah kutipan, Anda bisa membaca tips-tips selengkapnya di Seri Buku Wirausaha Praktis SELALU ADA PELUANG. Dapatkan Panduan Membangun dan Mengembangkan Usaha secara Praktis dan lengkap dengan harga terjangkau sekarang juga.

HARGA SATUAN @ Rp 35.000,-
2 buku @ Rp 30.000,-/buku
4 buku @ Rp 25.000,-/buku
10 buku (1 paket) @ 20.000,-/buku

Jabodetabek bebas ongkir. Pemesanan dan konfirmasi ongkos kirim sms ke 0816 8662 51 atau 089 771 771 37.

Baca selengkapnya dan bergabunglah segera disini : http://www.wirausaha.or.id

Sumber : Buku Ke-9 Mengelola Merek

               Karya, Jackie Ambadar, Miranty Abidin, Yanty Isa

Facebook : http://www.facebook.com/KomunitasWirausahaYbkm?fref=ts

Twitter : https://twitter.com/Wirausaha_ID

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s