Kapan Saatnya Mulai Usaha ?

1.4images (10)

”Aku benci kepada orang tidak mempunyai pekerjaan yang hanya berlaku santai dan berpangku tangan sembari berkata; wahai Tuhanku, berikanlah, berikanlah ! ia meminta Alloh untuk berbuat baik kepadanya, sementara seekor semut kecilpun keluar dari sarangnya untum mencari pendapatan yang dapat membiayai hidupnya.” (Imam Al Baqir)

Mulailah terjun kedunia usaha saat ini bukan untuk mencari uang atau mengabaikan sekolah tapi belajar merasakan dan memahami dunia usaha itu sendiri.

Dengan mulai usaha sedini munglin akan banyak hal positif yang dapat kita peroleh seperti : belajar menghargai waktu, belajar memahami kesulitan orang tua kita dalam mencari uang, belajar menghargai orang lain, belajar keberanian dan kejujuran, belajar menghargai uang, dan belajar menghadapi kegagalan.

1.Mulailah Dengan Ilmu Biasa

”Engaku berpikir tentang dirimu sebagai seonggok materi semata, padahal didalam dirimu tersimpan kekuatan tak terbatas.” (Ali Bin Abi Thalib RA)

Mulailah membuka usaha walau sesulit apapun keadaanya, mulailah dari hal-hal kecil yang menjadi keahlian kalian dan berkembanglah, kalian tidak akan pernah tau potensi terbesar kalian kalau tidak mencobanya.

Rasululloh Muhammad SAW : merupakan contoh entrepreneur sejati yang mulai upaya magang sejak usia 12 tahun pada pamannya, dan pada usia 17 tahun Beliau mulai mandiri menjalankan usahanya sendiri dengan dagang kecil-kecilan di lingkungan kota Makkah.

Abdurrahman bin ‘Auf RA : ketika hijrah ke Madinah mulai kembali usahanya dengan menanyakan letak pasar dan langsung bertindak pada saat itu juga.

Elang Gumilang : sebelum menjadi pengusaha properti, ia mulai dengan berjualan donat disekolahannya dengan tujuan mengumpulkan uang untuk biaya kuliah.

Andini Nabila Irvani : menekuninya sejak ia duduk di bangku taman kanak-kanak.

2.Motivasi Melalui Usaha

”Bekerja adalah senjata utama untuk memerangi kemiskinan, modal pokok dalam mencapai kekayaan dan faktor dominan dalam menciptakan kemakmuran dunia.” (Yusuf Qardhawi)

Seorang mujahidpreneur harus memiliki ketekunan, keseriusan dan kemauan untuk terus, belajar menuntut ilmu guna mengantisipasi resiko bisnis kedepannya nanti. Dunia pengusaha  adalah dunia tanpa kepastian, dengan situasi yang sering kali tidak menentu.

3.Mulailah Dengan Niat Ibadah

”Manusia dibangkitkan kembali kelak sesuai dengan niat-niat mereka.” (HR. Muslim)

Setiap aktivitas yang kita mulai haruslah dimulai dengan niat beribadah kepada Alloh SWT, yakni mendasarkan segala sesuatunya dalam rangka penghambaan kepada Alloh SWT.Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat memotivasi kita untuk segera memulai usaha :

a.Memiliki nilai ibadah : melalui niat ibadah,maka semua aktivitas usaha kalian akan memiliki nilai ibadah.

b.Mendapatkan banyak pelajaran berharga : sungguh tak ternilai harganya pelajaran yang dapat kalian peroleh dengan terjun ke dunia usaha sedini mungkin karena kalian akan belajar tentang kehidupan dan seluruh tantangannya.

c.Memiliki kebebasan untuk mencapai tujuan yang kalian impikan : seperti kebebasan untuk menentukan tujuan bisnis, mengatur rencana bisnis, mengatur jadwal oprasional usaha, mengatur besarnya laba yang di inginkan.

d.Penghasilan yang bisa melebihi gaji karyawan : dapat menentukan penghasilan yang ingin kita peroleh.

e.Dapat mengembangkan potensi diri : jarang menemui rasa jenuh dan bosan karena akan memberikan tantangan dan mengembangkan potensi terdalam kalian.

f.Terbuka peluang-peluang baru : seperti peluang menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar, mengembangkan dan membuka cabang baru, bersilaturahmi dengan banyak orang, beramal, berbakti kepaada orang tua.

g.Menciptakan lapangan kerja yang bermanfaat : membantu secara otomatis para pencari kerja mendapatkan pekerjaan.

4.Imam Muslim

Lahir di Naisabur pada tahun 206 H. Seorang mujahidpreneur sejati yang menjadi ahli hadits  dengan nama lengkap Imam Abdul Husain Muslim bin Al- Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz Al- Qusyairi An- Naisaburi. ingin tahu kisah selengkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.3

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?ref=ts&fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s