Aktivis Mahasiswa Menjadi Pengusaha

Gambar

Masa kuliah bagi seorang Syahrial tidak hanya dijadikan sebagai momen menuntut ilmu akademis saja, akan tetapi sebagai ajang melatih dan mengembangkan potensi diri.Di antaranya dengan terjun di berbagai organisasi yang membawanya menjadi pengusaha sukses.

1.Belajar Mandiri Dengan Berorganisasi

Menurut Muhammad Syahrial masa yang cukup luang adalah saat ia kuliah, karena saat ia menjadi siswa SMP atau SMA ia akan disibukan dengan waktu belajar yang sangat padat dan disibukan dengan aktivitas kursus juga kegiatan ekstrakulikulernya.

Sejak memasuki ruang perkuliahan, Muhammad Syahrial langsung bergelut di dunia organisasi dan saat berada di bangku kuliah tingkat 1 ia ditunjuk sebagi ketua kelas.Kemudian ia direkrut menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam untuk mengikuti basic traning.Tahun 1985-1986 ia terpilih menjadi Ketua Umum Himpunan Jurusan Managemen dan Study Pembangunan Fakultas Ekonomi Unpad.

2.Bermula Dari Menjadi Ketua Seminar

Ketika menjabat sebagai ketua umum himpunan jurusan, ada pengalaman yang sangat berkesan dengan menggagas seminar dengan tema ”Saya Cinta Produk Indonesia”.Rupanya gagasan tersebut nyambung dengan Agenda Menteri Negara Perencanaan Dan Pembangunan Nasional/Ketua Bapenas Ginanjar Kartasasmita.Langkah pertama yang ia lakukan adalah membentuk panitia sebanyak 7 orang, kemudian membuat proposal untuk acara se-pulau Jawa dengan diajukan kepada Menteri Ginanjar Kartasasmita.Staf Menteri justru mengusulkan untuk bikin acara tingkat Regional : Jawa, Jawa Barat, dan Lampung.

Pulang dari ruangan menteri ia langsung menggelar rapat, dan terkumpul sebanyak 250 orang panitia, diantaranya 35 orang sebagai protokoler, 20 orang seksi acara, dan 25 orang seksi transportasi.Dengan terselenggaranya acara terbesar di Kampus Unpad sekelas event regional ia pun mengundang dua Menteri sekaligus yakni Menteri Kehutanan Asrul Harahap dan Menteri Ginanjar Kartasaamita, dengan jumlah peserta 225 orang dari berbagai daerah.

3.Menjadi Ketua Asrama Dan Menggagas Majelis Reboan

Karena aktivisnya di berbagi organisasi dan kegiatan, Syahrial sempat ditunjuk sebagai Ketua Asrama Putra Unpad.Dengan demikian ia bisa menggulirkan banyak ide yang diantaranya adalah : menggagas pembuatan SIM secara kolektif, menggagas kelompok diskusi majelis reboan yakni diskusi yang dilakukan pada hari rabu dan mengangkat tema politik dan ekonomi.

4.Dari Ketua Badan Pemeriksaan Menjadi General Managaer

Syahrial pun melakukan berbagai penelitian diantaranya tentang perlindungan terhadap pembantu rumah tangga atau tentang tenaga kerja yang harus ada undang-undang yang melindunginya.Ia pun mengadakan berbagai seminar dengan mengundang para tokoh menteri.

Selain sibuk di organisasi, Syahrial juga menjadi Ketua Badan Pemeriksa Koperasi Mahasiswa Unpad Periode 1983-1986.Pada saat pergantian pengurus koperasi mahasiswa, banyak yang terlibat masalah dan terjerat kasus korupsi hingga merugikan koperasi puluhan juta.”Karena saya sebagai Ketua Badan Pemeriksa Kopma, maka saya langsung diberi amanah sebagai Direktur Bidang Usaha Kopma tahun 1986 untuk menyelesaikan masalah tersebut.Hanya beberapa bulan saja saya diangkat lagi menjadi General Manager dan mengembangkan Kopma dengan berbagai bidang usaha,” imbuh Muhammad Syahrial. Ingin tahu kisah selenhkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Dari Aktivis Mahasiswa Menjadi Pengusaha Nasional

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts

Twitter : https:/twitter.com/LP3I_PASTI

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s